Kamis, 07 Juni 2012

FUNGSI HOTEL


FUNGSI HOTEL
Hotel adalah merupakan salah satu bentuk akomodasi dalam bidang saran. kemajuan pembangunan nasional, khususnya di sector ekonomi hal ini dapat di sadari, karena dengan makin banyaknya tumbuh dan berkembangnya usaha perhotelan akan membangkitkan pula kegiatan usaha perlengkapan lainya seperti pengadaan bahan-bahan makanan (pertanian,peternakan,perikanan), barang cindra mata dan pertunjukan-pertunjukan kesenian serta usaha transportasi dan lain sebagainya.
Untuk mengetahui apakah fungsi hotel atau manfaat dari pada kegiatan usaha perhotelan itu sangat tergantung dari sudut pandang kita. Pada dasarnya fungsi hotel dapat dilihat dari kemanfaatan pihak pengusaha / pemilik,pegawai / karyawan, tamu hotel pemerintah serta masyarakat.

1. Pengusaha atau pemilik hotel.
Pada umumnya sebagai pengusaha, demikian juga pengsaha/pemilik hotel yang berkecimpungdalm usaha bisnis, hotel merupakan suatu bentuk alat untuk mencari dan mendapatkan keuntungan dari modal yang ditanam. Fungsi hotel untuk mencari dan mendapatkan keuntungan juga tidak lepas dari peranan untuk menyelamatkan atau mengamankan modal pengusaha itu sendiri. Disamping itu fungsi hotel bagi pengusaha/pemilik hotel adalah untuk membantu menciptakan lapangan kerja dan penyaluran tenaga kerja, sehingga secara tidak langsung membantu pemerintah untuk mensejahtrakan rakyatnya.

2. Pegawai/Karyawan hotel
Sebagai pekerja pada umumnya, demikin juga dalam bidang perhotelan salah satu fungsinya adalah untuk mendapatkan penghasilan yang layak bagi kemanusiaan dengan penghasilan tersebut diharapkan dapat menjamin hidup dankehidupan beserta kluarganya. Hal ini sangat di harapkan untuk nantinya mereka dapat berkarir dan menyumbangkan tenaganya bagi bangsa dan Negara melalui sector usaha pariwisata.

3. Tamu Hotel
Tamu sebagai pemakai jasa sangat mengharapkan peranan hotel untuk mampu memberikan kenyamanan , keamanan dan kepuasan. Hotel sebagai sarana akomodasimenyediakan fasilitas dan pelayanan kepada para tamu/pengunjung hotel. Dengan fasilitas yang memadai dan dengan pelayanan baik yang diberikan secara tidal langsung akan meningkatkan pendapatan pemilik,pegawai/karyawan hotel dan pemerintah sendiri. Penyediaan fasilitas dan pelayanan penginapan merupakan fungsi hotel bagi para tamu, demikian juga penyediaan fasilitas dan pelayanan lainya seperti olahraga, rekreasi. Klinik pengobatan, keamanaan barang dan orang sangat berperan untuk memelihara dan menjamin kepuasan tamu dalam menikmatinya.


4. Pemerintah.
Pada dasarnya ,hotel sebagai suatu kegiatan usaha besar peranannya bagi pemerintah(termasuk juga pemerintah daerah di tempat hotel tersebut berlokasi). Bertambahnya hotel berarti pula pembukaan lapangan kerja baru dan kesempatan kerja yang dapat membantu program pembangunan trutama dalam bidang tenaga kerjaan. Selain itu penggunaan fasilitas oleh para tamu dan layanan yang diberikan, brarti pula akan menambah pendapatan Negara / pemerintah serta masyarakat. Melalui kegiatan usaha perhotelan ini secara tidak langsung akan perperan sebagai media untuk memperkenalkan dan mendayagunakan alam dan sekitarnya serta kebudayaanya.

5. Masyarakat.
Bagi masyarakat pada umumnya kegiatan usaha perhotelan merupakan lading lapangan kerja baru dan sumber penghasilan yang cukup potensial. Masyarakat, trutama kegiatan rakyat sehari-hari akan makin tumbuh dan berkembang trutama dalam bidang pertanian , peternakan , kesenian dan lain sebagainya. Walaupun kita maklumi, bahwa fungsi atau peran hotel (kegiatan usaha perhotelan) sangat bermanfaat bagi para pihak (juga bagi masyarakat), namun kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan dan pihak negative yang di timbulkan. Bagaimanapun bentuk dampak negative yang akan muncul , kita harus tetap berusaha untuk menangulanginya secara baik dan terpadu demi tetap menjaga nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
Label:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar